Connect with us

Gus Sholah Imbau Politisi Teladani Politik Nabi

KABAR

Gus Sholah Imbau Politisi Teladani Politik Nabi

SYIARNUSANTARA.ID – Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW, Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang KH Solahudin Wahid (Gus Sholah) mengimbau kepada politisi meneladani nabi dalam berpolitik.

Adik kandung mantan Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) itu, mengaku bahwa banyak sifat-sifat nabi yang bisa diteladani dalam berpolitik. Salah satunya dalam hal berkomunikasi politik.

Menurutnya, Nabi Muhammad tidak pernah berkomunikasi dengan cara yang tidak baik. Bahkan nabi tidak pernah berkata tidak baik dan tidak menebar kebencian serta permusuhan.”Dalam Alquran Surat Ali Imron 159 disebutkan bahwa Nabi selalu menyampaikan pesan dengan lemah lembut, tidak memaksa dan tidak menyerang orang dalam perkataannya,” kata Gus Sholah.

Gus Sholah mengatakan, dalam ajarannya, Nabi Muhammad adalah seorang yang jujur dan dapat dipercaya. Jujur menurutnya adalah menyampaikan fakta apa adanya dan tidak menutupi fakta untuk kepentingan tertentu, apalagi sengaja menyebar berita hoax.

“Saya rasa masih banyak sifat Nabi yang perlu diteladani bagi para politisi di negeri ini. Jika cukup melakukan 3 sifat saja yakni jujur, dapat dipercaya dan berkata baik, itu sudah bagus jika benar diterapkan,” kata Gus Sholah.

Bahkan sifat-sifat nabi berlaku tidak hanya dalam konteks berpolitik saat ini, namun juga relevan diterapkan dalam kehidupan manusia baik bagi seorang pemimpin, seorang bapak, maupun individu dalam kehidupan sehari-hari.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top