Connect with us

Menag Imbau Spiritualitas Dijadikan Landasan Kemanusiaan

KABAR

Menag Imbau Spiritualitas Dijadikan Landasan Kemanusiaan

SYIARNUSANTARA.ID –  Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin menyampaikan tujuh catatan dari agamawan dan budayawan tentang relasi agama dan budaya di Indonesia untuk menjadi perhatian serius bagi pemerintah.

“Catatan tersebut yaitu pertama menyatakan prihatin atas terjadinya gesekan di kalangan masyarakat terkait budaya dan agama,” kata Menag.

Catatan kedua, lanjut Menag, ialah menyeru kepada para tokoh agama untuk menanamkan kesadaran kepada masyarakat bahwa tujuan akhir dari ajaran agama ialah untuk membentuk akhlak mulia.

“Dengan masyarakat berinteraksi sosial secara tertib, toleran, saling menghormati satu dengan lainnya, berperilaku sabar dan menahan diri, serta bersyukur atas anugerah keragaman bangsa Indonesia,” tegasnya.

Ketiga, menyeru kepada para tokoh budaya untuk terus mengembangkan produk-produk kebudayaan, dengan menghargai karakter dasar masyarakatIndonesia yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai religiositas.

“Keempat, mendorong pemerintah untuk mengembangkan model pendidikan yang dapat menciptakan jembatan antara religiositas, nasionalitas, dan etnisitas bangsa Indonesia,” katanya.

Catatan kelima, kata Menag, mendo-rong pemerintah agar menjadikan karya seni, karya sastra religiositas, serta artefak-artefak kebudayaan lokal sebagai bagian dari kurikulum pendidikan dalam rangka membentuk kebanggaan atas identitas keragaman dan kebudayaan bangsa Indonesia.

Adapun keenam, lanjut Menteri Lukman, mendorong pemerintah dan para penyelenggara pendidikan untuk secara sistematis dan berkelanjutan menanamkan ajaran-ajaran moral dasar, khususnya bagi anak-anak dan generasi muda.

“Terutama tentang nilai kerja sama, tanggung jawab, kejujuran, disiplin, mandiri, dan ajaran untuk tidak menerima sesuatu yang bukan haknya,” kata Menag

Terakhir yaitu menyeru kepada semua pihak agar melakukan internalisasi nilai dan moral agama secara substantif, menghindari pemikiran diskriminatif terhadap tafsir keagamaan lain.

“Menyadari bahwa keragaman adalah takdir dan anugerah Tuhan kepada bangsa Indonesia, serta menjadikan spi-ritualitas sebagai basis kemanusiaan dan kebudayaan yang autentik,” katanya

Print Friendly, PDF & Email
Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top