Connect with us

Toleransi Beragama Mahasiswa PTN Tinggi

KABAR

Toleransi Beragama Mahasiswa PTN Tinggi

SYIARNUSANTARA.ID – Penelitian tentang tingkat toleransi beragama yang dilakukan Universitas Indonesia (UI) menunjukkan bahwa secara umum tingkat toleransi beragama di kalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) masih cukup tinggi. Hasil penelitian itu dilakukan Universitas Indonesia (UI) melalui program pengabdian masyarakat (pengmas) untuk skema UI Peduli Kajian Strategis.

“Dari sisi persepsi dengan batasan nilai minimal 4 dan maksimal 18, didapatkan hasil rata-rata nilai adalah 16,3. Sedangkan, toleransi dalam aspek sikap dengan batasan nilai minimal 5 dan maksimal 18, didapatkan hasil bahwa rata-rata nilainya adalah 14,6,” kata ketua tim penelitian, Yon Machmudi.

Penelitian dipimpin oleh Yon Machmudi dengan anggota Nurwahidin, Kinta Hermawan, dan Muhammad Akmal Farraz S.Ikom.

Fokus utama yang diteliti adalah bagaimana tingkat toleransi di perguruan tinggi dan bagaimana pola asuh serta pendidikan agama berpengaruh terhadap toleransi di kalangan mahasiswa.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online di kalangan mahasiswa di beberapa PTN di wilayah Jabodetabek pada Maret-November 2018.

Ada sekitar 1.004 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam survei ini, yaitu dua PTN umum dan satu PTN berbasis agama.

Namun, setelah dilakukan cek validitas, dinyatakan ada 799 responden yang dinyatakan valid datanya. Profil dari responden adalah 97 persen Muslim dan tiga persen non-Muslim serta 80 persen pernah mengikuti kegiatan keagamaan di kampus.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top