Connect with us

Ketua MPR: Mari Ciptakan Suasana Damai dan Kondusif Jelang Pemilu

KABAR

Ketua MPR: Mari Ciptakan Suasana Damai dan Kondusif Jelang Pemilu

SYIARNUSANTARA.ID – Ketua MPR Zulkifli Hasan berharap semua pihak bisa menciptakan situasi yang damai dan kondusif menjelang pemilihan umum legislatif dan Pilpres 2019. Menurutnya, tensi politik di Tanah Air cenderung terus memanas mendekati pemilu yang digelar tahun depan tersebut.

“Kita bahas pentingnya di tahun politik ini adanya pemilu damai, pemilu yang menggembirakan, konsekuensi dari demokrasi Pancasila. Kedaulatan dan kekuasaan di tangan rakyat, maka setiap 5 tahun ada pemilu, jadi sesuatu yang biasa,” ujar Zulkifli.

Dikatakannya, suhu politik yang memanas kerap kali membuat situasi yang rentan mengarah ke perpecahan. Padahal, persoalan pemilu sebenarnya hanya menyangkut perbedaan pada pilihan politik.

“Tugas kita semua jaga negeri ini, jaga pemilu damai, agar menggembirakan, bukan saling menghujat, saling menghabisi, serangan yang keras. Penyelesaiannya sederhana, suka sama si A, suka sama si B, si C, si D, tinggal pergi ke bilik, yang mana yang disuka tinggal dicoblos, itu persoalan 5 menit,” ungkap Zulkifli.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini berujar, MPR sendiri turut aktif melakukan sosialisasi kampanye damai di sejumlah daerah. Salah satunya bersama dengan ADKASI, menggelar acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) DPRD se-Indonesia di Kompeks DPR/MPR.

“Saya sambut baik, nanti Februari pas mendekati pemilihan, ada asosiasi DPRD Kabupaten bersama MPR nanti akan menggelar di sini semacam apel atau Silatnas pemilu, friendly competition, kompetisi antar saudara, kompetisi antar sebangsa dan setanah air, bukan mau perang, tapi ini mau pilih teman sendiri,” jelas Zulkifli.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Ketua Umum ADKASI Lukman Said, berujar Silatnas itu diselenggarakan pada bulan Februari tahun depan sehingga dekat dengan penyelenggaraan pemilu. Ini dilakukan sebagai kampanye demokrasi yang damai di Indonesia.

“Kalau DPRD akan kita hadirkan 17.500 (peserta) dari 416 kabupaten,” terang Lukman.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top