Connect with us

Pembentukan UKP-DKAAP Diharapkan Perkuat Dialog Antar Agama

KABAR

Pembentukan UKP-DKAAP Diharapkan Perkuat Dialog Antar Agama

SYIARNUSANTARA.ID – Pembentukan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) oleh Presiden RI Joko Widodo disambut baik oleh para pemuka agama. Tidak terkecuali pemuka Agama Budha.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi), Philip Wijaya mengakui sebelum dibentuknya UKP-DKAAP, pihaknya mengalami kesulitan untuk berdiskusi intens dengan pemuka agama lain. Namun kesulitan itu sirna setelah lembaga yang berkomitmen untuk menciptakan kerukunan dan harmoni antar umat beragama di Indonesia itu dibentuk.

“Dulu kita mau berdiskusi dengan pemuka agama lain, kalau tiba-tiba datang ke kantor organisasi agama lain misalkan, orang pasti nanya, ngapain? Mau diskusi. Diskusi apa? Kan begitu. Tapi UKP-DKAAP adalah forum yang sangat bagus,” katanya dalam diskusi “Refleksi Akhir Tahun dan Proyeksi Kerukunan Antar-umat Beragama di Tahun Politik” di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/12).

Philip mengaku, sejak dibentuknya UKP-DKAAP, dirinya selalu diajak untuk berdiskusi. Di situ, kata dia, semua pemuka agama saling bertukar pikiran mencari jalan keluar bagi persoalan keumatan, dan persatuan serta kesatuan bangsa.

“Kami melakukan pembicaraan konflik interfit atau intrafit. Pokok masalah harus dicari jalan keluar. Upaya mengharmoniskan umat beragama. Hasilnya luar biasa. Di semua daerah ada FKUP gagasan luar biasa. Ini menujukkan perhatian pemerintah kehidupan harmonis ini luar biasa besarnya,” pungkasnya

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top