Connect with us

Prodi Manajemen Haji dan Umroh Diminati Mahasiswa Baru

KABAR

Prodi Manajemen Haji dan Umroh Diminati Mahasiswa Baru

SYIARNUSANTARA.ID – Program Studi Manajemen Haji dan Umroh di PTKI ternyata diminati masyarakat. Kendati begitu, minat yang tinggi ini terbentur oleh kouta penerimaan mahasiswa baru yang terbatas.
Pengamat Haji dari UIN Syarif Hidayatullah Ade Marfuddin mengatakan peminat program studi manajemen haji dan umrah cukup tinggi. “Namun karena kuota penerimaan mahasiswa baru dibatasi, sehingga hanya satu kelas saja setiap tahunnya dengan jumlah maksimal 45 orang,” kata dia.

Menurutnya, pasar untuk bekerja di bidang ini sangat terbuka. Setiap tahun, pasar pasti membutuhkan pembimbing ibadah haji dan tenaga haji profesional serta pemandu perjalanan seperti mutawif yang mumpuni.

Dia mengatakan, saat ini tenaga ahli terkait itu belum ada. Petugas haji hanya diambil dari orang yang berpengalaman haji.

Saat ini, Ade mengatakan, di universitas yang penting adalah program studi. Karena untuk menjadi fakultas perlu ada kajian dan studi kelayakan.

Kendati begitu, hingga saat ini legalitas dari Kemenag belum mereka dapatkan. Dia berharap tahun depan prodi ini dapat diresmikan oleh pemerintah dan dapat dibentuk di seluruh UIN.

Untuk meresmikan prodi ini, kata Ade, butuh audiensi dengan masyarakat karena membutuhkan kesesuaian dan kebutuhan pasar. Jika pemerintah tak lekas memberikan stimulus, maka PTKI negeri ini akan tertinggal oleh universitas swasta.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top