Connect with us

Pancasila Bisa Menjadi Model bagi Dunia Islam

KABAR

Pancasila Bisa Menjadi Model bagi Dunia Islam

SYIARNUSANTARA.ID – Dunia Islam berharap pada peran Indonesia dalam kancah global. Dengan modal nilai seperti dari Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, peran Indonesia bisa dimaksimalkan dalam kancah internasional.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia yang juga menjadi Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban, Din Syamsuddin, beberapa waktu lalu.

Din mengatakan, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dapat menjadikan Indonesia terhindar dari kasus-kasus pertikaian sektarian sebagaimana terjadi di dunia Islam belahan lain. Untuk itu, ujarnya, Indonesia bisa menjadi panutan dengan Islam dan demokrasi yang bisa bersanding.

Din menjelaskan, dua modal dasar Indonesia itu bisa menjadi model bagaimana sebuah negara bisa mengedepankan semangat moderasi atau prinsip-prinsip penengah di tengah banyaknya perbedaan latar belakang.

“Dengan begitu, masyarakat dapat bersatu dengan mengesampingkan perbedaan-perbedaan dan mengedepankan persamaan. Indonesia, dia melanjutkan, telah bisa menunjukkan kepada dunia mengenai penerapan ideologi tengah, seperti Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata dia.

Ia mengatakan, sudah saatnya Indonesia terus konsisten menunjukkan perannya di dunia Islam, terutama dari sisi moderasi Islam.

Sebab, ujar Din, saat ini dunia sedang mengalami pertentangan ideologi sehingga sangat memerlukan corak Islam sebagaimana terjadi di Indonesia.

“Di Indonesia, terdapat para muslim yang mengamalkan Islam penengah atau wasathiyah dan rahmat untuk alam semesta,” kata dia.

 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top