Connect with us

Kantor Staf Presiden: Konsultan Politik Berperan dalam Isu SARA dan Hoax

KABAR

Kantor Staf Presiden: Konsultan Politik Berperan dalam Isu SARA dan Hoax

SYIARNUSANTARA.ID – Konsultan politik memiliki peran penting dalam menciptakan ide strategi kampanye yang memantik isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) demi kemenangan kandidat yang menggunakan jasanya. Hal itu dikatakan Deputi bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo.

“Cara-cara seperti isu SARA dan hoax itu bisa juga tak lepas dari peran konsultan politik. Ia jadi aktor penting juga menciptakan ini. Jangan sampai dianggap jadi konsultan ujaran kebencian, ya,” kata Eko saat menghadiri sebuah diskusi di Universitas Atmajaya, Jakarta Selatan, (21/2/2018)

Menurut Eko, penggunaan ide isu SARA dalam kampanye sama seperti upaya menghalalkan segala cara agar kandidat bisa menang. Fakta itu menjadi paradoks tersendiri bagi iklim demokrasi yang menjunjung tinggi keadilan, kejujuran dan kesamaan hak bagi para kandidat untuk berkontestasi secara sehat.

Eko mengatakan dampak serius yang ditimbulkan dari penggunaan isu SARA dapat menyebabkan polarisasi dan perpecahan dalam masyarakat. Oleh sebab itu, Eko meminta kepada konsultan politik yang mendampingi kandidat di Pilkada serentak tahun ini dan Pilpres 2019 mendatang, dapat memberikan masukan soal metode kampanye sehat tanpa menggunakan isu SARA dan menyebarkan kabar bohong (hoax).

Ia berharap agar para konsultan politik bisa lebih menonjolkan visi, misi dan program unggulan dari kandidat yang menggunakan jasanya, ketimbang menggunakan isu SARA maupun menyebarkan hoaks.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in KABAR

To Top